1 Pegawai Puskesmas Turi di Lamongan Positif Covid-19, Pelayanan Ditutup

LAMONGAN, KOMPAS.com – Seorang pegawai Puskesmas Turi yang ada di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, dikonfirmasi positif terpapar virus corona (Covid-19).

Ini diketahui setelah hasil swab dikeluarkan oleh Balitbangkes Kementerian Kesehatan.

Sebagai langkah antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19, pelayanan yang ada di Puskesmas Turi diputuskan untuk ditutup sementara waktu.

Sementara, pegawai lain puskesmas sudah menjalani rapid test dan tengah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari.

“Untuk sementara pasien rawat jalan, kami alihkan ke puskesmas terdekat. Kalau nanti kondisinya sudah steril, akan kami buka lagi, mudah-mudahan tidak lama,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan Taufik Hidayat, saat dikonfirmasi, Senin (6/4/2020).

Pasien rawat jalan yang sebelumnya biasa mendapat pelayanan medis di Puskesmas Turi, sementara waktu akan dialihkan ke Puskesmas Deket atau Puskesmas Sukodadi.

Mulai hari ini dan beberapa hari ke depan, ruangan-ruangan yang ada di Puskesmas Turi bakal disemprot cairan desinfektan guna mematikan dan memutus penyebaran Covid-19.

“Kan tidak semua pegawai yang terpapar, misalnya petugas kami yang ada di puskesmas pembantu. Pegawai lain sudah kami lakukan rapid test dan hasilnya negatif,” ucap dia.

Pria yang juga menjabat sebagai Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lamongan ini juga memastikan, baru Puskesmas Turi saja yang sementara ditutup operasional pelayanan karena kasus tersebut.

Sementara, puskesmas lain masih tetap membuka pelayanan seperti biasa.

“Karena ada satu yang positif, khawatir menular maka dilakukan langkah antisipasi ini. Kami berharap, semoga wabah ini bisa cepat usai,” kata dia.

Sampai Minggu (5/4/2020) malam, Dinas Kesehatan Lamongan mengonfirmasi ada sebanyak 13 positif Covid-19, dengan jumlah ODP (orang dalam pemantauan) tercatat 202 orang, sementara PDP (pasien dalam pengawasan) sebanyak 104.

Reporter : Kontributor Gresik, Hamzah Arfah

Scroll to Top